Dukungan WiMax pada Produk Nokia N-Series

Nokia Corp merencanakan penambahan konektivitas WiMax tablet Internet N-series di tahun 2008.

WiMax adalah teknologi wide-area networking yang menawarkan kecepatan download lebih cepat daripada jaringan mobile 3G (third-generation) dan memiliki daya jangkau lebih luas daripada Wi-Fi. Penambahan teknologi WiMax pada tablet Internet memungkinkan user berselancar di Web lebih cepat atau melakukan panggilan jarak jauh menggunakan Skype Ltd. yang ada di luar jangkauan hot spot Wi-Fi.

Internet tablet keluaran Nokia yang baru beredar saat ini, yaitu N800, memiliki layar wide-screen beresolusi 800 x 480 pixel. Piranti ini sudah dilengkapi dengan Wi-Fi dan Bluetooth 2.0. N800 juga mendukung jaringan seluler, walaupun Bluetooth bisa digunakan juga untuk terkoneksi dengan telepon seluler.

Internet tablets Nokia, yang berjalan di atas sistem operasi Linux, akan menggunakan chipset Broad Peak WiMax dari Intel Corp. Chip yang sama juga akan digunakan pada laptop-laptop Centrino masa datang yang mendukung WiMax.

Sampai dengan kuartal kedua 2008, laptop-laptop Centrino dengan dukungan WiMax akan diproduksi oleh Asustek Computer Inc., Acer Inc., Lenovo Group Ltd., Toshiba Corp. dan Matsushita Electric Industrial Co., yang menjual laptop di bawah merek Panasonic.

Nokia mengatakan Internet tablet dengan dukungan WiMax akan diedarkan di wilayah Amerika Serikat dan bisa digunakan dengan memanfaatkan jaringan Sprint Nextel Corp. Sementara ini belum diperoleh informasi pasti apakah Nokia juga merencanakan menjual piranti WiMax di luar wilayah AS.
Lebih baru Lebih lama