Yahoo Messenger di Linux

Dewasa ini penggunaan yahoo messenger sudah sangat luas sekali, dari mulai sekedar cari teman, gebetan, pacar sampai dengan untuk kepentingan bisnis, kantor dan komunikasi dengan keluarga / teman yang berjauhan.

Pada OS Windows tentu kita sudah tidak asing lagi untuk jenis dan penggunaanya, bagaimana dengan pada OS linux?

Pada linux ada beberapa program favorit yang bisa kita gunakan diantaranya adalah:

Yahoo Messenger Linux

Yahoo Messenger versi Linux ini sudah lama sekali ada dan blom dikembangkan lagi oleh pihak yahoo, entah dengan alasan apa saya sendiri juga belom tau, yang jelas fiturnya sangat simple dan sederhana, jauh banget dengan versi terbaru windows saat artikel ini ditulis yaitu versi 8.1
Kekurangan utamanya adalah tidak ada fasilitas join room dan melihat atau memakai webcam.

Gaim Instan Messenger

Paket Gaim ini biasanya sudah include ketika kita melakukan Instalasi Linux dengan Gnome Environtment, versi terbaru saat ini (Artikel ditulis) adalah versi 2.0 Beta5 Gaim ini memiliki kelebihan, diantaranya karena bersifat multi protokol , dengan gaim kita bias mengakses yahoo messenger, msn messenger, icq , AOl , jabber , chat dll.
Yahoo Messenger dengan Gaim kita sudah bisa join ke suatu room sama dengan YM pada windows, dan ada suatu project development dari gaim yang diberi nama Gaim – vv yang bias digunakan untuk melihat webcam lawan bicara, namun sepertinya penggunaannya belum begitu luas karena factor dependensi dan instalasinya yang cukup sulit.

Kopete

Kopete adalah Instant Messenger bawaannya KDE, fitur2nya pun terutama smiley cukup bagus, namun kompatibilitas dengan yahoo messenger versi windows kecil, tidak sepopuler gaim.

Gyach Enhanced

Gyach menjadi sangat popular karena kemampaunya untuk join ke room, melihat webcam lawan bicara dan broadcasting webcam kita sendiri, adanya fitur security yang cukup menjadikan gyach sangat powerful, situs project mulanya adalah :
http://www.phrozensmoke.com/projects/pyvoicechat/
Namun dikarenakan dalam beberapa tahun tidak mengalami perkembangan dari versi terakhirnya (1.0.7) maka sejumlah komunitas berusaha menyempurnakan sendiri gyach tersebut, diantaranya adalah Gyach versi 0.9 yang bias di download di http://gyach.bc2va.org/.

Dan pengembangan yang terbagus menurut penulis pada saat ini adalah Gyach-I (improve) yang bias didapatkan di http://gyachi.sourceforge.net/
Lebih baru Lebih lama