Apa perbedaan pelaku usaha kecil, entrepreneur tradisional, dan teknopreneurship?
Usaha Kecil
Entrepreneur Tradisional
Sumber www.beritanet.com
Usaha Kecil
- Motivasinya bekerja sendiri, lebih ke pesonaliti pemilik dan biasanya memiliki ide-ide khusus
- Kepemilikan biasanya langsung dari pendiri atau dengan rekan bisnis
- Gaya manajerial lebih hanya ke trial and error dan masih sering menghindari resiko, juga arus kas keuangan masih stabil
- Kepemimpinan dari usaha kecil memiliki hubungan baik dengan bawahan, saling berkolaborasi, dan biasanya sering menghasilkan kemenangan kecil
- Inovasi dari usaha kecil memerlukan waktu yang lama sesuai dengan tanggung jawab pemilik
- Outsourcing atau jaringan kerja usaha kecil masih sederhana dan jika lobi bisnis biasanya langsung ke pemilik
- Potensi pertumbuhan stabil
- Target pasar local dan melakukan penekanan biaya
Entrepreneur Tradisional
- Motivasi lebih ke banyak konsep dan ide, eksploitasi banyak kesempatan dan akumulasi kekayaan
- Kepemilikan berada di saham pengendali dengan keuntungan yang maksimal
- Gaya manajerial yang professional dan mau menerima resiko
- Kepemimpinan dengan otoritas tinggi
- Inovasi bukan prioritas utama, namun mengandalkan franchise dan lisensi
- Outsourcing penting, namun saying sulit mendapatkan tenaga ahli
- Potensi pertumbuhan menggunakan proteksi, monopoli, oligopoly, sehingga pertumbuhan secara global lambat
- Target pasar lebih ke nasional dan memakan waktu lama
- Motivasi demi kesuksesan dengan teknologi baru, penuh kompetisi dan resiko
- Kepemilikan berasal dari saham kecil hingga besar
- Gaya manajerial dengan pengalaman terbatas, namun fleksibel, dan memiliki semangat inovasi yang berkelanjutan
- Kepemimpinan selalu menghargai kontribusi dan pencapaian, juga berjuang secara kolektif
- Dalam inovasi selalu menjadi pemimpin dalam riset,IT dan biotek global, plus kecepatan peluncuran produk ke pasar
- Berkembang bersama dalam satu tim outsourcing
- Potensi pertumbuhan sangat besar karena selalu mengakuisisi teknologi dan pasar berubah seiring teknologi baru
- Target pasar global dan mendidik konsumen teknologi baru
Sumber www.beritanet.com