Kembalikan Panel yang hilang di Desktop Gnome

Buat anda yang sering otak-atik desktop gnome misal di distro Ubuntu, BlankOn atau yang lain pasti sering menghapus panel di dan mengganti dengan dock biar kelihatan lebih bagus, sama juga seperti yang saya lakukan, saya menggunakkan AWN (Avant Windows Navigator) Dock yang sangat keren menurut gwe heheh ..

Kehilangan panel asli bawaan gnome ini dah biasa bahkan gw sempat ngalamin kehilangan dua-duanya panel atas dan panel bawah :D, gara2 panel atas di ganti pake gnome global menu biar mirip mac terus panel bawah diganti pake AWN jadi panel asli dah g da sama sekali, lalu bagaimanakah cara mengembalikan Panel yang hilang?, apakah bisa kembali seperti semula ? mau tau jawabanya ikuti tutorial dibawah ini :D ..

Berikut langkah-langkah mengembalikan Panel yang hilang, dah gw tes & berhasil 100%.

1. Buka terminal dengan cara menekan tombol Alt+F2, lalu ketikan gnome-terminal.









2. ketikan "gconftool-2 --shutdown" diterminal tanpa tanda petik dua.

3. agar lebih aman shut down dulu gconfd dengan peritah berikut
"gconftool --recursive-unset /apps/panel"

4. hapus folder panel dengan perintah berikut "rm -rf ~/.gconf/apps/panel"

5. dan yang terakhir ketikan perintah berikut "pkill gnome-panel"

lihat hasilnya panel akan kembali ke default seperti pertama kali install, panel bawah dan panel atas muncul lagi kan !!!

selamat mencoba mudah-mudahan bermanfaat.

Referensi : http://www.watchingthenet.com

6 Komentar

  1. kalo saya cuma kehilangan satu panel saja - yg bawah :)

    tp saat pertama kehilangan - asli bingung :)

    tapi akhirnya muncul lagi setelah di utak-atik

    BalasHapus
  2. makasih y...bner2 ngebantu saya banget tipsny :)

    BalasHapus
  3. klo gnomenya not responding gimana gan????alt+f2 ga bisa...

    BalasHapus
  4. kalo alt+f2 ga bisa ya di restart aja...kalo tetep gak bisa juga...ya terpaksa..dari pada pusing...
    cuma satu kata...install ulang
    dijamin 1.000.000 % panel yang hilang bakal balik..

    BalasHapus
  5. Thank's berat postingannya ......
    Banyak membantu, problem saya terselesaikan ....
    Terima kasih banyak Broo ....
    Tulisan anda sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  6. bagus ni gan..
    keep update yah..

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama