Penjelasan tentang perbedaan RAM yang Terpasang dengan Usable RAM

Akhir-akhir ini sering banget kesal karena Laptop yang saya pakai untuk kerja menjadi sangat lambat, padahal kalau dilihat dari spek laptopnya cukup lumayan untuk kerja:


Processor : Intel Core i3-2377M 1.50GHz
RAM  : 4,00 GB (2,60 GB usable)
OS : Windows 7 32 Bit
Dari keterangan diatas timbul pertanyaan kenapa berbeda antara RAM yang terpasang dan RAM yang bisa dipakai oleh system, dari rasa penasaran itu akhirnya saya searching tentang masalah ini, setelah beberapa saat saya pun menemukan jawaban :) puitis banget y kata-katanya. dan berikut adalah penjelasannya maaf agak sedikit teknis, penjelasan ini saya ambil dari http://adf.ly/dmYXh:

"Banyak pertanyaan yang muncul tentang Usable RAM yang lebih kecil dibanding RAM yang terpasang,
Aco Bertanya : Saya memasang 4GB RAM, mengapa Usable RAM hanya 2,9GB ? atau Saya tambah RAM 2GB menjadi 4GB, mengapa Usable RAM-nya bukan 4GB ? 

Tentu masih banyak pertanyaan senada yang timbul.

Banyak yang bisa menjawab dengan singkat & tepat, yaitu karena menggunakan OS Windows versi 32bit. Jawaban ini memang benar, tetapi masih bisa dikembangkan agar permasalahannya menjadi jelas, dan agar tidak memicu tindakan salah langkah dalam menyikapinya.

Pertanyaan yang mesti dijawab adalah " Ada apa dengan Windows 32bit, mengapa hal ini tidak terjadi pada Windows 64bit ?"

Menjelaskan Memory-mapping (pemeta-an memori) bukan hal yang mudah karena menyangkut banyak hal yang teramat teknis tentang pengalamatan-memori (memory addressing).

Berikut akan saya coba jelaskan dengan singkat & sederhana, semoga bisa menjelaskan "misteri Usable RAM" ini.

Virtual Address Space
Agar memori (RAM) bisa digunakan oleh sistem operasi (Windows), maka RAM tsb.haruslah diberi "alamat" atau Address. Dengan adanya alamat untuk setiap ruang memori, maka RAM bisa berfungsi sebagai Ruang Transportasi Data (I/O Space). Tanpa adanya address ini, jelas bahwa ruang dalam RAM tidak akan bisa ditemukan dan digunakan oleh sistem operasi (Windows).

Berapa banyak ruang tersedia untuk Address ini ?
  •     Pada Windows 32bit tersedia sebanyak 2^32 bit (2 pangkat 32) = 4 milyar bit lebih (4GB).
  •     Pada Windows 64bit tersedia sebanyak 2^64 bit , silahkan hitung sendiri  :)
Gambar-1 dibawah ini saya buat sendiri dengan harapan bisa mempersingkat (dan mengurangi) penjelasan tentang Mapping RAM yang seharusnya bersifat sangat teknis (yang tentu malah bikin tambah "gak mudheng").   klik gambar untuk tampilan lebih besar.

Usable RAM


Diagram Address Space
Diagram atas : kotak Abu-abu + kotak Hijau adalah Address Space pada Windows 32bit.
  •     Besar kapasitasnya adalah = 4GB. Dan ini tidak bisa diubah dengan cara apapun.
  •     Kotak Abu-abu adalah bagian dari Address Space yang digunakan untuk Hardware Addresses (alamat hardware). Sistem selalu mendahulukan hal ini dibanding kepentingan Windows. Windows tidak bisa mencegah penggunaaan (alokasi) hal ini.
  •     Ukuran kotak Abu-abu tergantung jumlah hardware yang terintegrasi dalam sistem.
  •     Kotak Hijau dibelakangnya adalah "sisa" Address Space (4GB dikurangi Abu-abu) yang bisa digunakan untuk Address RAM. Tentu saja ruang address ini sudah kurang dari 4GB.

Diagram tengah : kotak Hijau adalah simbol modul RAM (4GB) yang terpasang.

  •     Jika ditarik garis lurus keatas, tampak bahwa kotak Hijau ditengah (RAM 4GB) tidak bisa ditampung oleh kotak Hijau Atas.
  •     Ada bagian yang harus ditampung dalam kotak Orange, padahal kotak Orange sebenarnya "tidak ada".
  •     Dalam bahasa sistem, dikatakan : "Pada versi 32bit, RAM 4GB akan dialamati sebanyak 4GB dikurangi kebutuhan Hardware-address."
  •     Sebagai contoh : jika Address hardware butuh 750MB, maka RAM (4GB) yang kebagian alamat adalah 4GB - 750MB = 3,25GB.
  •     Angka 3.25GB inilah yang disebut Usable RAM.
  •     Sedang sisanya yang 750MB "masuk" ke kotak Orange alias tidak kebagian Alamat (address). Karena tidak punya alamat, ya gak bisa ditemukan; dan karena gak bisa ditemukan ya gak bisa dimanfaatkan   :)

Diagram bawah : kotak Abu-abu + Hijau + Kuning adalah Address Space pd Windows 64bit.

  •     Memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibanding versi 32bit (diagram atas).
  •     Kotak Abu-abu adalah Hardware Addresses Space, sama halnya seperti diagram paling atas.
  •     Kotak Hijau dibelakangnya adalah Address Space untuk RAM 4GB. Jika ditarik garis lurus keatas, tampak bahwa kotak Hijau ditengah (RAM 4GB) seluruhnya bisa ditampung oleh kotak Hijau Bawah, bahkan masih ada sisa Addres Space yang besar yaitu kotak Kuning.
  •     Dalam bahasa sistem, dikatakan : "Pada versi 64bit, seluruh kapasitas RAM 4GB akan mendapatkan Address (memiliki alamat)." Sehingga seluruhnya bisa dimanfaatkan.
  •     Kotak Kuning adalah "sisa" Address Space yang bisa digunakan untuk menampung alamat untuk RAM baru yang mungkin akan ditambahkan. Ruang address ini masih sangat besar. Secara teritis bisa ditambahkan RAM berapapun, tetapi pada prakteknya dibatasi oleh edisi Windows yang digunakan. Edisi Windows Starter (Edition) akan berbeda dengan Windows Ultimate Edition.

Ya itu tadi sedikit penjelasan tentang kenapa RAM yang terpasang di PC/Laptop Kita bisa berbeda dengan usable RAM yang terbaca disystem.

Terima Kasih atas kunjungan anda.

7 Komentar

  1. Terimakasih atas artikelnya, Gan... sngat menjelaskan. sy jadi paham sekarang. sukses utk abang... :) http://kangtokkomputer.weebly.com/menambah-usable-ram.html

    BalasHapus
  2. Sama-sama gan mudah-mudahan bermanfaat :)

    BalasHapus
  3. browsing2 kok iso mampir tekan blogmu lek :) salam seko tempel

    BalasHapus
  4. Kk ,, model notebook acer berapa yang cocok buat sekolh,, mkch

    BalasHapus
  5. Kk ,, model notebook acer berapa yang cocok buat sekolh,, mkch

    BalasHapus
  6. kak, saya makek windows * 64 bit, trus saya tambah RAM nya 2 GB. trus saya cek ram nya itu 4GB(2GB usabel). itu gmna kak. apa yang 2 GB usabel itu bisa digunakan apa tidak?

    BalasHapus
  7. Jadi gini, ram laptop saya kan 4gb, saya buka di task manager, terus saya liat yg bagian ram kan, nah ram yg AVAILABLE cuma 300mb, gegara itu mau buka aplikasi atau game ringan pun jadi keluar sendiri. Ada pencerahan nya?

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama